Senin, 20 Juli 2015

i need 'day'


Jadi.. harus kemanakah aku melangkah? Apakah ke utara, selatan, timur atau barat? Lalu.. setelah hari ini berakhir, apa yang harus kulakukan? Kenyataan bahwa segalanya sudah diujung dari sebuah perjalanan singkat, dan aku masih tak menemui apapun.

Esok, apa yang harus kulakukan..? menghitung hari? Menunggu detik? Berulang kali melalui jalan yang sama?

Tak lama setelah tawa mengambang diudara, bahagia hari itu berakhir. Ketika saat pulang menghampiri, saat itu akan tiba. Dimana sepi dan lagi-lagi tekungkung menjelaskanmu akan sebuah kata yang hingga kini tidak ingin kau akui.

Harus apa aku setelah ini? Apa yang kulakukan esok? Sudah beruang kali kubunuh waktu dan sepi, aku sudah belari sejauh perjalanan yang bisa kulampaui. Hingga pada akhirnya aku hanya bisa kembali dan lagi-lagi menyadari.

“Kamu.. sudah mengakhiri sesuatu yang kamu mulai, dan hingga kini kamu belum memulai sesuatu atau apapun lagi?”.

Tertawa, hura-hura, menjadi berbeda, melangkahi detik dan pura-pura bahagia.. bukankah aku pelakon yang baik? Dan meskipun begitu, rasanya masih kosong. Dan walaupun begitu, aku tetap sepi. Jangan menangis kata batin, berhenti menjadi kalah dan haru kata akal, jangan.. kamu akan kehilangan segalanya kata hati.

Apa yang kucari? Apa yang ingin kutemukan? Apa yang ingin kumulai? Dimana aku ingin tinggal dan berhenti? Kenapa semua semu hingga lagi-lagi hati terasa hanya kosong dan hampa.

Lihatlah dia, seberapa besar matanya berbinar? Bisa kaurasakan? Mimpinya dan mengebu-gebu rasanya ingin itu nyata..

Lihatlah mereka, tertawa hingga seisi ruangan riuh, lepas, bahagia.. bisakah kau bandingan dengan sepi yang masih ada disudut-sudut hati ketika menyadari bahwa masa akan segera berakhir..?

Lihatlah orang itu, bahkan ketika yang ia lakukan tak sebanding dengan segala sesuatu yang ia dapatkan, dia berusaha dan melakukan sesuatu..

Lalu aku?
Harus kuapakan rasa hampa ini? Harus kutujukan kemana hidup ini? Ke arah mana aku harus meneruskan jalan yang masih teramat pajang dan jauh ini? Haruskah aku berputar hanya di sebuah tempat yang sama?

Aku ingin menemukan apa yang kucari. Aku ingin tau apa yang membuatku menunggu. Aku ingin memulai hidup yang kuinginkan. Aku ingin tinggal di tempat dan didunia yang aku ingin tinggali. Aku tidak ingin berhenti dan berputar seakan hari ini tak lagi memiliki lembar baru.



                                                             'day' = berasal dari nama amerika yang berarti
                                                                                cahaya dan harapan.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar